Mengajar Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Game
Sumber Foto: pexels.com |
1. Kelompokkan siswa-siswa menjadi 2 group.
Kita bisa mengkelompokkan mereka berdasarkan jenis kelamin. Atau bisa juga semua siswa di tandai dengan nomor satu dan dua, misal si Ani nomor 1, si Budi nomor 2, si Andi nomor 1, dan si Siska no. 2. Jadi yang nomor satu menjadi satu kelompok, dan nomor dua menjadi satu kelompok.2. Beri nama group pada tiap-tiap group nya.
Berilah nama group dengan vocabulary yang "serumpun". Maksudnya, kita memilih satu jenis vocabulary saja, misal nya animal untuk dijadikan nama-nama group, maka kita bisa beri nama: cat, goat, tiger, cheetah dan nama-nama binatang lainnya.
3. Kedua group tersebut berdiri (berbaris) di depan papan tulis.
Beri spasi dua atau tiga langkah dari papan tulis. Siswa tidak diizinkan melewati dari jarak dua langkah dari papan tadi. Dari group satu ke group dua harus ada minimal satu langkah spasi atau dua langkah.4. Satu orang yang paling depan dari kedua group akan mendapatkan 1 spidol.
Berikan masing-masing group satu spidol. Tujuannya nanti mereka akan menuliskan (menyambung) kosakata di papan tulis dengan menggunakan spidol.5. Tuliskanlah satu kosakata (disebelah kanan atas papan), dan satu di sebelah kiri atas.
Misalnya kita menuliskan kata NIGHT pada kiri atas papan tulis, dan yang satu lagi di kanan atas papan tulis kita menuliskan kata KNIGHT.6. Tugas mereka adalah menyambung huruf terakhir dari kosakata yang telah kita beri.
Group satu menyambung dari kata NIGHT, sementara itu group dua menyambung dari kata KNIGHT. Huruf akhir dari kata NIGHT dan KNIGHT adalah huruf "T" dan menjadi landasannya.
7. Tiap siswa wajib menuliskan ke papan satu kosakata saja hingga membentuk anak tangga.
Satu orang dari group satu maju dan menyambung huruf T dengan membentuk kosakata baru. Misalnya TOWN [secara vertikal], lalu siswa no. 1 barusan memberikan spidolnya kepada siswa kedua dari group 1. Siswa kedua menyambung huruf "N" dari kata TOWN tadi, misalnya menjadi NEED [secara horizontal]. Lalu begitu selanjutnya diteruskan ke siswa 3 dan terus hingga tidak muat lagi papan tulis.Sebagai catatan, siswa yang telah menuliskan kosakatanya harus menuju ke barisan paling belakang group sendiri agar nanti mendapat giliran selanjutnya.
8. Dan biarkan mereka ribut. ^_^
So, karena permainan ini agak sedikit ribut, ada baiknya kita sebagai guru untuk memperhatikan apakah kelas sebelah sedang belajar atau sedang ujian. Sehingga kita tidak menggangu kolega kita yang sedang mengajar. ^_^9. Silakan Review
Silakan review kosakata yang telah di tulis secara bersama-sama di papan tulis. Bagaimana cara baca nya atau ada tulisan yang salah juga bisa di perbaiki dan di tunjukkan ke siswa nya.Sekian tulisan kali ini tentang mengajar kosakata bahasa inggris menggunakan game. Jika bermanfaat, share, like, komen. Terutama share :siapa tahu akan ada banyak calon guru bahasa Inggris yang sedang belajar memperkaya diri dengan teknik-teknik games untuk pembelajaran.